AVR GENSET DAN PEMASANGAN AREA TANGERANG

|
AVR GENSET DAN PEMASANGAN AREA TANGERANG
Avr Genset
Avr genset dan Pemasangan Area Tangerang

Secara umum, tiap unit mesin Generator genset biasanya sudah memiliki komponen AVR, apalagi untuk genset dengan kapasitas di atas 10 KVA. 

Itulah bagian AVR yang sebaiknya Anda ketahui agar bisa mengoperasikan genset dengan baik dan juga aman.

AVR merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan atau stabilitas voltasi tegangan listrik dari sebuah genset ketika berhadapan dengan beban listrik yang kerap berubah-ubah saat ada beban .

Avr universal
Avr genset dan pemasangan area Tangerang

Sistem Kerja AVR Genset :
AVR  (automatic Voltage Regugation )genset  mengatur bagian arus penguatan atau sering disebut dengan istilah excitacy pada bagian exciter. Jika kondisi tegangan keluaran dari genset berada pada bagian bawah tegangan minimal,

maka bagian AVR genset otomatis menaikkan besaran tegangan output dari genset sesuai kebutuhan. Dan begitu sebaliknya, jika output tegangan dari genset terlalu tinggi, maka bagian sel volta akan menurunkannya.

avr genset
AVR Universal

Kerusakan pada avr :
Bagian AVR genset atau stavolt adalah sekring atau fuse. Putusnya bagian sekring atau fuse akan membuat output tegangan dan arus dari genset tidak bisa keluar. Hal tersebut dikarenakan adanya kelebihan beban atau pun overload dari berbagai macam beban yang terpasang pada genset itu sendiri.

Rusaknya  AVR genset juga bisa disebabkan karena korslet atau arus pendek yang terjadi pada peralatan listrik yang dipasang pada genset atau juga bisa disebabkan oleh keausan pada komponen-komponen

Misalnya komponen batu arang yang sudah aus dapat menimbulkan terputusnnya tegangan listrik yang mengalir ke beban serta menimbulkan percikan api di dalam kumparan atau gulungan genset.

avr genset lokal
Avr Lokal untuk genset 

Langkah  Cek  avr  Rusak :
Langkah  cara Cek AVR  yan rusak untuk mencari penyebab generator tidak mengeluarkan tegangan :
  1. ·       Lepas sambungan AVR terhadap exciter, tegangan sensor dan Permanen Magnet Generator (PMG)
  2. ·       Sambungkan tegangan 12 V DC dari Aki atau adaptor ke lilitan exciter atau Ke arang( yang model brush ), lebih baik jika terpasang melewati fuse atau MCB 2 A karena memberikan proteksi jika lilitan dalam keadaan short.
  3. ·      Operasikan diesel engine / Start up sampai putaran idle terlebih dahulu. Amati kondisi apakah ada kondisi yang mencurigakan dari genset tersebut, Perlahan lahan naikkan putaran sampai mencapai putaran nominal.
  4. ·      Amati dan ukur tegangan yang keluar dari mains stator,jika perlu cek arus DC yang melewatiExciter.Tegangan yang terukur pada mains stator biasanya sudah mencapai lebih dari 300 V AC.
  5. ·      Jika tegangan sudah terukur dapat di simpulkan bahwa system exsitasi tidak mengalami masalah.
  6. ·       Pasang kembali AVR dan koneksi kabel kontrolnya kecuali koneksi ke Exciter.
  7. ·       Start up Engine sekali lagi sampai mencapai putaran nominal. Cek tegangan keluaran AVR diterminal Exciter.Tegangan yang harus keluar minimal 12 VDC.Jika tidak mengeluarkan tegangan berarti ada yang rusak dalam system AVR nya.

Avr genset
Pemasangan AVR genset area tangerang

Kami melayani dan menyediakan, pemasangan sekaligus setting Avr genset untuk area Tangerang,

Kami menyediakan avr Univrsal maupun Avr  merek bawaan generator yang sudah system kumparan Exciter maupun yang masi menggunakan Brush atau arang.

Hubungi kami :
Pak De Giarto  Electrical opanelindo
Telp / WA 081318261117 ,

Related Posts

1 komentar: